5 Oktober 2012

Tutorial Membagi Partisi MicroSD Untuk Android

Persiapan:

  • HH/Gadget (Android Smartphone) yg sudah di ROOT, ane pake Samsung Galaxy Wonder GT-I8150
  • MicroSD/SDHC, ane pake Transcend Class 10 kapasitas 8GB

  • Mini Tool Partition Wizard, bisa download dimari
  • Link2sd, download aja di playstore
  • Niat
  • Setel music sembari ngopi/ngeteh


Pelaksanaan:
  1. Jangan Grogi bin Panik
  2. Baca doa, kalo muslim bacanya bismillah..
  3. Baca postingan ini dari atas sampe bawah
  4. Masukin MicroSD nya ke komputer terus di format


  5. Jalanin Mini Tool Partition Wizardnya yang udah di download tadi
  6. Klik yang disk 2, trus klik create


  7. klik create as jadi primary,
    klik file system jadi FAT32 (ket: kalo 2GB dan kebawah pakenya FAT, kalo diatas 2GB pakenya FAT32),
    Tarik sizenya (ane kasih 5,31GB buat music, picture, movie, dll),
    Namain deh labelnya(kalo ane pake wonder cuz hapenya wonder..hehe :p),
    Trus klik OK.




  8. Nah kan ada partisi baru tuh yg ada bintangnya, sampean klik partisi itu trus klik create


  9. Klik yes


  10. Klik create as jadi primary,
    Klik file system jadi ext2,
    Klik cluster size nya jadi 4kb,
    Tarik size nya (ane kasih 1,15GB . ini buat jadiin virtual internal, jadi semua aplikasi yg diinstall masuknya disini, jadinya internal aslinya sampean ga bakal penuh,
    Namain deh labelnya jadi ext2,
    Trus Klik OK



  11. Nah ada lagi tuh partisi barunya yg gambar bintang gitu, klik deh abis itu klik create


  12. Klik yes



  13. Klik create as jadi primary,
    Klik file system jadi linux swap,
    Sizenya jadi 1GB (ane udah atur segini cuz RAM samsung galaxy wonder kan RAMnya 512MB, nah gunanya linux swap ini buat bantu performance RAM, cara ngaturnya ya di kali 2 dari RAM HH sampean



  14. Klik Apply


  15. Klik yes


  16. Tunggu Sampe selese


  17. Download Link2sd dari playstore trus di install


  18. Jangan lupa di ROOT dulu HH nya soalnya proses ini membutuhkan HH yg sudah di ROOT.
  19. Jalankan Link2sd, kalo ada notification dari superuser klik aja allow



  20. Nanti kan ada select file system, sampean pilih ext2 ya


  21. Reboot deh HH nya
  22. Jalanin Link2sd nya sekali lagi, nanti ada notification kaya gini, trus di OK aja ya


  23. Kalo belum pernah instal apapun di HH nya, klik setting, klik auto link.
  24. Tapi kalo udah pernah instal macem-macem aplikasi di HH nya, klik multi select, klik select all, klik actions, klik create link, klik ok.
  25. Klik storage info, Nah virtual internal sampean yg SD Card 2nd Part, ini kalo punya ane yang udah di install macem-macem aplikasi, jadinya udah kepake segitu..hehe


SEKIAN TUTORIAL DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT
"MANUSIA TEMPATNYA SALAH, DAN ALLAH LAH DIMANA SEGALA KESEMPURNAAN"


4 komentar:

  1. oke.. sipp..
    thx atas info nya...

    BalasHapus
  2. thanks gan langsung ane coba kbetulan lg nyari tutor ini

    BalasHapus
  3. thanks mas bro,... :)
    process success,... :)

    BalasHapus
  4. proses di link2sd gagal
    katanya tidak memasukan script bla bla bla..
    udah ane ulang berkali kali tetap aja gitu

    BalasHapus